Resep Bread Stick Renyah dan Lezat

bread stick

Resep Bread Stick Renyah dan Lezat


Assalaamualaikum pengunjung foristiq, semoga kalian baik-baik saja. Pernah dengar resep diatas gak???.  Banyak masyarakat indonesia kurang famliar dengan resep diatas, akan tetapi sebagian besar masyarakat indonesia dari kalangan anak-anak pernah mencobanya, mereka menikmatinya dengan cara mencocolkannya ke saus coklat yang sudah disiapkan didalam kemasan yang mereka makan.  Seperti gambar dibawah ini.



Resep yang akan foristiq bahas kali ini mirip dengan jajanan anak diatas, walaupun resep ini bukan termasuk biskuit, akan tetapi mempunyai kemiripan rasa dengan jajan seperti gambar diatas jika di tambahkan dengan saus coklat seperti gambar diatas.

Di negara barat sendiri, bread stick ini cukup populer karna merupakan salah satu pendamping roti yang disajikan sebelum makanan atau hidangan utama disajikan. Resep ini juga merupakan resep bread stick yang saya peroleh di sebuah hotel berbintang di Lombok Nusa Tenggara Barat. Pada saat bekerja dihotel dulu, saya pernah mencoba mencelupkan ujung bread stick ini ke dalam saus coklat yang saya buat dan alhasil memiliki rasa mirip seperti jajanan saya dulu saat masih kecil yaitu biskuit yang panjang yang dicocol kedalam saus coklat. Bahan dari resep bread stick ini cukup mudah didapat, walaupun nanti resep yang akan saya tuliskan di bawah ini akan menggunakan minyak zaitun sebagai bahannya, tapi pengunjung foristiq bisa menggunakan minyak goreng biasa sebagai pengganti minyak zaitunnya. Seperti biasa, silahkan persiapkan bahannya dulu supaya nanti pada saat pembuatan tidak ada kendala dan sebagainya. Silahkan siapkan bahan-bahan sebagai berkut.

 

Bahan-bahan untuk membuat bread stick renyah dan lezat

  • Tepung 1 Kg
  • Mentega 100 gram
  • Minyak Zaitun atau minyak goreng 15 ml
  • Garam 15 gram
  • Pengempuk Roti/Bakerine Plus 10 gram (opsional)
  •  Gula 10 gram
  • Permipan 5 gram
  • Biji Wijen
  • Air Secukupnya

·   

Cara membuat bread stick renyah dan lezat.

  1.  Campurkan tepung, garam, pengempuk roti, gula.
  2.  Lelehkan mentega kemudian campurkan ke adonan diatas.
  3. Tuangkan sedikit air suam-suam kuku kedalam permipan yang bertujuan untuk mencairkan permipan. Kemudian campurkan ke adonan diatas.
  4. Tambahkan minyak zaitun kedalam adonan diatas kemudian aduk sampi merata.
  5. Uleni adonan diatas dengan cara menambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bread stick menjadi kalis.
  6. Setelah adonan kalis, bulatkan adonan kemudian tutup dengan kain lembab sekitar 10 menit agar mengembang.
  7. Uleni adonan yang sudah mengembang hingga udara yang ada didalam adonan keluar.
  8. Kemudian bulatkan kembali adonan lalu pipihkan adoanan setebal ½ cm.
  9. Potonglah adonan yang sudah di pipihkan dengan lebar ½ cm dan panjang sesuai dengan ukuran lebar loyang yang akan anda pakai.
  10. Setelah dipotong kemudian pelintirlah tiap-tiap potongan tadi lalu letakkan diatas loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung supaya adonan tidak lengket pada loyang.
  11. Taburkan biji wijen secukupnya sebagai hiasan.
  12. Biarkan adonan mengembang selama 10 menit,
  13.  Kemudian masukkan adonan kedalam oven selama 10 menit dengan suhu 180°c.
  14. Selamat menikmati.


    Jika anda menggunakan oven skala rumah tangga dalam pemanggangan bread stick diatas, mohon untuk memeriksa bread stick yang anda panggang secara berkala. karena suhu oven skala rumah tangga tidak selalu stabil dan juga karena ukuran bread stick yang kecil yang mengakibatkan bread stick cepat gosong. Sekian artikel untuk postingan kali ini.


                Silahkan bagikan postingan ini ke teman-anda supaya foristiq lebih bermanfaat. Terima kasih


Terima kasih



Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Resep Roti