RESEP KUE MUFFIN LEMBUT DAN ENAK

 

kue muffin

Resep Kue Muffin Lembut Dan Enak

    Muffin adalah kue yang berasal dari kota inggris pada jaman ratu Victoria, yang ditemukan oleh Samuel Bath Thomas. Pada zaman ratu Victoria, muffin yang berasal dari kota inggris ini dijual dengan cara ditempatkan di nampan yang di letakkan diatas kepala kemudian dijajakan ke setiap pintu pembelinya. Seiring dengan berkembangnya zaman, Amerika pun memiliki kue muffin tersendiri dengan rasa dan tekstur yang jauh berbeda. Muffin yang berasal dari kota inggris atau biasa disebut dengan nama english muffin memiliki tekstur mirip seperti roti bugget, akan tetapi muffin yang berasal dari Amerika atau kita sebut dengan American Muffin memiliki tekstur seperti cup cake dengan rasa yang manis.

    Resep muffin yang akan admin bahas kali ini adalah muffin yang berasal dari Amerika atau yang sebut dengan American Muffin yang dimana teksturnya mirip dengan cup cake dan memliki rasa yang manis yang cocok djadikan sebagai peneman kopi atau teh.

    Resep American Muffin ini admin dapatkan ketika admin masih bekerja dihotel dulu, Dimana muffin ini digunakan sebagai menu sarapan para wisatawan asing. Dalam resep kali ini kita akan menggunakan telur yang lumayan banyak yaitu sekitar 6 biji, berbeda dengan english muffin yang tidak menggunakan telur sebagai bahan utamanya yang mungkin admin akan bahas di lain kesempatan nanti. American Muffin yang akan kita bahas kali ini juga akan menggunakan cetakan American Muffin yang biasa admin gunakan dulu, akan tetapi para pengunjung bisa mengkreasikan bentuk cetakannya sendiri, yang penting cetakan yang digunakan tahan panas ketika kita memanggang adonan muffin nanti.




Cetakan Muffin


    Dalam pembuatan muffin kali ini admin tidak akan mencantumkan bahan isi tambahan, melainkan akan memberikan resep muffin secara dasar, akan tetapi para pengunjung foristiq bisa memberikan isi tambahan pada muffin seperti pisang, coklat batang, coklat ceres, atau bahan tambahan isi lainnya sesuai dengan selera para pengunjung foristiq.

    Seperti biasa silahkan sediakan bahan dan alat untuk membuat muffin, supaya dalam proses pembuatannya tidak ada hambatan.

Bahan-Bahan Pembuatan Kue Muffin.

·         Tepung 750 gram

·         Gula halus 350 gram

·         Mentega 350 gram

·         Garam 5 gram

·         Baking powder 35 gram

·         Susu 400 ml

·         Tulur 6 biji

Cara Pembuatan Muffin

·         Campurkan tepung, gula halus, garam, baking powder, aduk sampai merata.

·         Lelehkan mentega menggunakan microwave atau alat yang pengunjung foristiq punya dirumah untuk melelehkan menteganya. Kemudian campurkan dengan bahan diatas.

·         Masukkan semua telur kedalam adonan diatas, kemudian aduk adonan sampai benar-benar merata dan kalis.

·         Tambahkan susu sedikit demi sedikit kedalam adonan diatas sambil diaduk supaya adonan tidak menggumpal.

·         Setelah semua susu habis di tuangkan dan adonan tercampur rata, kemudian olesi loyang cetakan muffin dengan mentega setipis mungkin.

·         Taburkan tepung ke olesan mentega tadi setipis mungkin.

·         Masukkan adonan muffin kedalam cetakan kemudian panggang dengan suhu 180°c selam 25-30      menit.

·         Setelah matang angkat muffin dan sajikan.

·         Selamat menikmati.

 

    Dalam penambahan isi kue muffin seperti pisang, coklat batang, coklat ceres atau bahan tambahan isi lainnya sebaiknya anda tambahakan setelah semua adonan tercampur rata dengan tidak diaduk terlalu lama supaya bahan tambahannya tidak melebur. Jika anda menggunakan oven skala rumaha tangga, sebaiknya anda memeriksa kematangan muffin yang ada didalam oven secara berkala, karena kestabilitasan oven skala rumah tangga tidaklah terlalu bagus. Sekian resep foristiq pada artikel kali ini, jangan lupa bagikan dengan orang lain agar foristiq lebih bermanfaat.



Terima Kasih


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Resep Kue