RESEP KUE PUKIS LEMBUT DAN NIKMAT

 

kue pukis


Resep Kue Pukis Lembut dan Nikmat

Kue Pukis adalah sebuah kue khas Indonesia yang memiliki tekstur lembut, kue ini dapat dengan mudah kita jumpai pada pedagang kue dengan gerobak kecil di pinggir jalan. Kue ini mempunyai banyak variasi dalam bagian variasi toping yang diberikan oleh pembuatnya, tergantung kepada besarnya jenis permintaan pembeli untuk variasi toping pada kue pukis ini. Kue pukis tidak hanya terkenal sebagai jajanan yang dijual di pinggir jalan, akan tetapi kue pukis ini juga telah masuk kedalam menu makanan penutup dan sebagai peneman minum kopi dan teh pada holet berbintang.

Kue pukis berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Banyumas yang ada di Jawa Timur. Akan tetapi sekarang kue pukis sudah menyebar hampir ke seluruh daerah di Indonesia. Hal ini mungkin disebabkan karena rasa kue pukis yang dapat memikat selera masyarakat Indonesia dengan rasanya yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Kue pukis terbuat dari bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan, bahkan bahan-bahannya saat ini bisa kita temukan di warung-warung, pasar, supermarket terdekat. Untuk bagian toping dari kue pukis ini adalah bagian yang bahannya kita kreasikan sendiri, seperti coklat batang, coklat ceres, keju, bahkan buah-buahan.

Kue pukis berbahan dasar Tepung, telur, gula, santan yang nantinya akan ditambahkan sedikit permipan atau ragi sebagai bahan pengembang kue pukis. Untuk bahan-bahan pembuatan kue pukis ini foristiq akan menjabarkannya didalam artikel ini, serta cara pembuatannya dengan lengkap. Kue pukis ini juga memiliki cetakan khusus yang sering digunakan masyarakat Indonesia, dan sekarang telah banyak dijual di toko online atau toko alat pembuatan kue dan sejenisnya.



Cara pembuatan kue pukis juga tergolong mudah, foristiq akan menjelaskan cara pembuatan kue pukis ini sesuai dengan pengalaman admin foristiq membuat kue ini saat admin foristiq bekerja di hotel berbintang. untuk kelancaran proses pembuatannya, diharapkan pengunjung foristiq menyiapkan alat dan bahan-bahanya terlebih dahulu. Silahkan siapkan bahan-bahan dibawah ini sebagai bahan dalam resep pembuatan kue pukis.


Bahan-bahan pembuatan kue pukis

  • Telur 12 butir
  • Gula Halus 500 gram
  • Tepung 600 gram
  • Permipan 20 gram
  • Santan 700 ml
  • Mentega secukupnya

 

Cara pembuatan kue pukis

  1. Campurkan telur dan gula halus, kemudian kocok sampai memutih.
  2. Cairkan permipan dengan sedikit air suam-suam kuku, kemudian tambahkan ke dalam kocokan telur dengan gula yang sudah memutih di atas.
  3. Tambahkan tepung lalu aduk sampai benar-benar merata.
  4. Masukkan santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan di atas sambil diaduk.
  5. Usahakan adonan diaduk sampai benar-benar merata.
  6. Olesi alat cetak jajanan pukis dengan mentega.
  7. Tuangkan adonan pukis ke cetakan jajanan pukis menggunakan sendok.
  8. Pangganglah adonan pukis dengan menggunakan api kecil, supaya kematangan pukis merata.
  9. Silahakan angkat jajanan pukis dari alat cetak adonan setelah bagian atas pukis berwarna kuning keemasan atau seperti gambar diatas.
  10. Selamat menkmati.


Seperti yang kita bahas diatas bahwa penggunaan toping pada jajanan pukis akan diberi kebebasan kepada [engunjung foristiq. Silahakan letakkan toping yang anda sukai keatas adonan pukis pada saat anda mulai memanggang adonan pukis. Jajanan ini sangat nikmat apabila dinikmati dalam keadaan hangat dan juga ditemani kopi atau teh. Silahkan kunjungi foristiq website untuk menemukan resep serupa, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman dan ke;uarga nada supaya foristiq lebih bermanfaat. Selamat menikmati dan sampai jumpa di artikel yang lain. Terima kasih.


Terima kasih


Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Resep Kue