RESEP ROTI TAWAR LEMBUT ANTI BANTET

roti tawar


Resep Roti Tawar Lembut Anti Bantet


                Resep roti tawar pada akhir-akhir ini sangat banyak diminati dikalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena banyaknya makanan yang dapat diolah atau di kreasikan dengan bahan dasar roti tawar.

                Olahan roti tawar kekinian banyak sekali kita jumpai dalam berbagai macam hidangan makanan, Baik di restoran, kafe, bahkan olahan roti tawar saat ini dapat kita temukan dalam menu pedagang kaki lima. Hal ini di sebabkan oleh begitu banyaknya hasil yang kita dapatkan dari manfaat roti tawar.

                Setup roti tawar sangatlah mudah apabila diaplikasikan kedalam berbagai kreasi makanan, kita tidak perlu menambahkan banyak bahan tambahan kedalam hidangan yang mempunyai basic roti tawar karena rasa dari roti tawar sendiri sudah cukup enak sebelum di tambahkan bahan lain. Berbagai makanan yang merupakan kreasi dan setup dari roti tawar adalah puding roti tawar, roti bakar, sandwich, ice cream roti, dan berbagai macam kreasi roti tawar lainnya.

                Dalam pembuatan roti tawar, bahan dan alat pembuatan roti tawar bukanlah satu-satunya hal yang menjadi pemikiran utama, akan tetapi untuk mendapatkan hasil yang baik dalam pembuatan roti tawar, kita juga perlu memikirkan cara pembuatannya yang tidak semudah membuat roti burger. Kita memerlukan beberapa tehnik supaya hasil yang didapatkan menjadi sangat baik.

                Resep yang akan admin paparkan kali ini adalah resep roti tawar dari Oberoi Hotel Lombok. Resep ini adalah resep roti tawar yang sangat mengesankan bagi admin. Dalam pengalaman admin membuat roti tawar ini sangatlah berkesan karena harus bergelut dengan kecepatan, baik dalam mengolah adonan dan mengangkat roti tawar dari loyang yang baru keluar dari panggangan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

                Dalam pembuatan roti tawar juga kita memerlukan loyang khusus untuk roti tawar. Ukuran loyang yang admin pakai dulu sekitar 12cm x 12cm x 33cm dan mempunyai penutup loyang yang mencegah adonan merembet keluar disaat adonan mengembang.

loyang roti tawar


                Untuk bahan pembuatan roti tawar ini silahkan catat bahan-bahan di bawah ini dan persiapkan sebelum kita mulai membuatnya. Resep yang akan admin paparkan adalah resep untuk 6 buah loyang atau untuk membuat 6 roti tawar yang masih utuh tanpa di potong. Dan untuk jumlah air yang diberikan admin tidak akan memberikan kuantitas yang pasti, karena mungkin setiap merk tepung terigu memiliki kadar air yang berbeda dan akan membutuhkan kuantitas air yang berbeda juga. Intinya silahkan tambahkan air sambil mengaduk adonan sampai adonan roti tawar kalis seperti adoanan roti pada umumnya.

 

Bahan –Bahan Pembuatan Roti Tawar

 

·         Tepung terigu    3 kg

·         Permipan    75 gram

·         Format H atau bread improver     25 gram

·         Garam    40 gram

·         Mentega     200 gram

·         Gula    100 gram

·         Telur    9 biji

·         Susu    700 ml

·         Air secukupnya

 

Cara Pembuatan Roti Tawar

 

·         Campurkan tepung, format, garam, gula aduk sampai merata.

·         Tambahkan mentega dan telur ke adonan diatas lalu aduk sampai merata.

·         Cairkan permipan menggunakan sedikit air suam-suam kuku, lalu campurkan ke adonan diatas, kemudian tambahkan susu lalu aduk sampai merata.

·         Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil menguleni adonan.

·         Setelah adonan kalis, bulatkan adonan dan biarkan mengembang selama 5 menit sambil di tutupi dengan kain yang lembab.

·         Potonglah adonan yang sudah mengembang tadi  dengan berat masig-masing kurang lebih 900 gram atau dibagi enam dengan berat yang sama.

·         Bulatkan tiap-tiap adonan.

·         Pipihkan adonan kemudian digulung dengan panjang adonan sesuai dengan panjang loyang yang di pakai untuk memanggang adonan.

 

adonan roti tawar


·         Olesi bagian dalam loyang menggunakan mentega untuk mencegah adonan roti tawar lengket.

·         Masukkan adonan yang sudah digulung tadi kedalam loyang lalu biarkan mengembang sampai hampir menyentuh bagian atas loyang.

 

adonan roti dan loyang

 

·         Tutup loyang kemudian biarkan adonan mengembang sebentar lagi sampai adonan menyentuh tutup loyang secara merata.

·         Kemudian panggang adonan dengan suhu 1800c selama 20 menit.

·         Setelah adonan matang angkat dan keluarkan roti tawar dari loyang kemudian dinginkan.


    Sekian Resep makanan dari foristiq untuk artikel kali silahkan bagikan artikel ini kepada orang lain agar foristiq lebih bermanfaat.



Terima Kasih









Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Resep Roti