Bahan - Bahan Makanan | TEPUNG

    TEPUNG

    Di lansir dari Wikipedia tepung merupakan partikel padat bahkan sangat padat tergantung proses penggilingannya. Yang biasa di gunakan sebagai bahan kebutuhan penenlitian, rumah tangga  dan bahan industri. tepung biasanya berasal dari bahan-bahan nabati seperti tepung gandum, tepung beras, tepung singkong dan tepung jagung. Sedangkan tepung yang berasal dari bahan hewani seperti tepung ikan dan tepung tulang.

    Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas aneka tepung yang di jadikan sebagai bahan makanan di rumah tangga, hotel bahkan industri besar makanan.

1. Tepung Terigu.

        Tepung terigu adalah tepung yang berasal dari proses penghalusan atau proses penggilingan gandum. Dalam tepung terigu sendiri terdapat beberapa pembagian dalam struktur atau kadar proteinnya.

a. Tepung Terigu Protein Rendah.

    Tepung terigu protein rendah adalah tepung dari gandum yang memili kadar protein kisaran 8 sampai 11 persen yang biasa di gunakan sebagai bahan pembuatan makanan yang tidak mengutamakan volume dan kekenyalan seperti biskuit, kue kering dan crackers.

b. Tepung Terigu Protein Sedang.

    Tepung terigu protein sedang adalah tepung terigu dari gandum yang memiliki kadar protein kisaran 11 sampai 12,5 persen yang biasa di gunakan sebagai bahan makanan seperti kue basah seperti bolu atau kue ulang tahun dan jenis kue-kue basah lainnya.

c. Tepung Terigu Protein Tinggi.

    Tepung terigu protein tinggi adalah tepung terigu dari gandum yang memiliki kadar protein di atas 12,5 persen yang memiliki kandungan gluten tinggi yang mampu mengikat gas sehingga tepung ini cocok sabagai bahan makanan yang membutuhkan volume tinggi seperti roti.

2. Tepung Beras.  

    Tepung beras adalah tepung yang berasal dari proses penghalusan atau penggilingan beras menjadi lebih halus. Tepung beras sendiri bisa berasal dari proses penghalusan atau penggilingan dari beras biasa atau ketan. tepung beras juga sering digunakan sebagai tambahan bahan makanan yang terbuat dari bahan tepung terigu seperti kue cucur.

3. Tepung Tapioka.

    Tepung tapioka adalah tepung yang berasal dari proses pengeringan dan penghalusan singkong. Tepung tapioka sendiri sering di gunakan sebagai bahan untuk merenyahkan dan mengembangkan makanan.

4. Tepung Sagu.

    Tepung sagu merupakan tepung yang berasal atau terbuat dari sagu. Tepung ini biasanya tidak berdiri sendiri dan disandingkan dengan bahan makanan lain, kecuali saat bahan makanan ini di gunakan sebgai bahan makanan utama.

5. Tepung Maizena.

    Tepung maizena adalah tepung yang berasal atu terbuat dari jagung. Tepung maizena sering digunakan sebagai bahan pelembut dan pengental makanan.


Terima kasih



Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Bahan Bahan Makanan